3 Jun 2020

5 Tempat Misterius Nan Indah di Dunia - Part #1

Di dunia ini banyak sekali tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi. Dari berbagai tempat tersebut, ada beberapa tempat yang sangat misterius namun memiliki keindahan yang sedap dipandang oleh mata. Berikut tempat-tempat misterius nan indah di dunia bagian pertama:


1). Red Beach - China 

Sumber: LimaKaki

Red Beach adalah pantai yang terletak di Kota Panjin, Provinsi Liaoning, Tiongkok. Pantai ini terkenal dan menjadi objek wisata karena warnanya yang serba merah. Warna merah tersebut ditimbulkan oleh tumbuhan yang bernama Suaeda salsa. Tumbuhan ini dikenal sebagai tumbuhan langka yang hanya dapat tumbuh di permukaan tanah dengan kandungan alkali yang tinggi. Warna merah pekat ini hanya akan muncul saat musim gugur karena Suaeda salsa sedang dalam puncak siklusnya.

2). Fingal's Cave - Skotlandia

Sumber: Flickr

Fingal's Cave adalah gua laut yang terletak di pulau Staffa, Skotlandia. Gua ini memiliki bentuk yang sangat unik, yaitu kolom-kolom dari batuan basalnya tegak lurus dan simetris membentuk heksagonal. Selain itu, seluruh kolomnya tertata rapi walaupun tidak beraturan. Fingal's Cave terbentuk dari lava panas yang membeku, menyusut, dan tererosi. Gua ini dikenal dengan sebutan "Gua melodi" dikarenakan gemanya yang nyaring. Gema tersebut ditimbulkan oleh hempasan ombak yang mengenai gua.

3). Caño Cristales - Kolombia

Sumber: jernih

Caño Cristales adalah sungai yang terletak di provinsi Meta, Kolombia, yang merupakan anak sungai dari Sungai Guayabero. Sungai ini dijuluki dengan sebutan "River of Five Color" karena memang sungai ini memiliki lima warna. Warna-warna tersebut beragam dari hijau, kuning, hitam, biru, dan merah. Warna merah dan kuning dari sungai ini disebabkan oleh tumbuhan Macarenia clavigera yang berada di dasar sungai.

4). The Great Blue Hole

Sumber: Flickr

The Great Blue Hole merupakan sebuah lubang bawah laut besar dengan diameter lebih dari 300 meter dan kedalaman sekitar 124 meter. Lubang ini terletak sekitar 100 kilometer dari lepas pantai Belize, Amerika Tengah. Lubang ini menempati posisi kedua sebagai lubang bawah laut terbesar di dunia (pertama ditempati oleh Dragon Hole, China). UNESCO memasukkan The Great Blue Hole ke daftar situs warisan dunia karena keindahan dan sejarahnya.

5). Danakil Depression - Ethiopia


Danakil Depression adalah depresi yang terletak di bagian utara dari wilayah Afar, Ethiopia. Danakil Depression merupakan tempat terpanas di dunia jika dilihat dari suhu rata-rata tahunan dan juga merupakan salah satu tempat terendah di dunia (sekitar 125 meter di bawah permukaan laut). Tempat ini hanya menerima 100-200 mm curah hujan per-tahunnya. Sangat mustahil bagi manusia untuk tinggal di tempat seperti ini, tapi lain halnya bagi mikroba ekstremofil yang bisa bertahan hidup di suhu yang ekstrem. Walaupun berbahaya, tempat ini menunjukkan keindahannya tersendiri dengan cara yang berbeda.


1 komentar: